Selasa, 25 Agustus 2020

PJJ REPRODUKSI PADA HEWAN


OVIVAR / BERTELUR

Ciri-ciri hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur adalah
–          Telur dikeluarkan dari tubuh induknya
–          Memiliki bulu sebagai alat penutup tubuhnya
–          Tidak memiliki daun telinga
–          Tidak memiliki kelenjar susu
–          Tidak menyusui anaknya
–          Tidak mengalami masa mengandung

Ada 3 kelompok hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur
1. Pembuahan terjadi didalam tubuh induknya, perkembangan embrio terjadi didalam telur hingga menetas, dan telur dierami oleh induknya hingga menetas. Hewan yang termasuk dalam kelompok ini contohnya adalah jenis unggas seperti ayam, bebek, dll

2. Pembuahan terjadi didalam tubuh induknya, perkembangan embrio terjadi didalam telur hingga menetas, dan telur tidak dierami oleh induknya hingga menetas. Hewan yang termasuk dalam kelompok ini contohnya adalah jenis reptil seperti buaya, cecak, dll

3. Pembuahan terjadi diluar tubuh induknya, perkembangan embrio terjadi didalam telur hingga menetas, dan telur tidak dierami oleh induknya hingga menetas. Hewan yang termasuk dalam kelompok ini contohnya adalah jenis katak dan ikan



 





VIVIVAR / BERANAK

Ciri-ciri hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan/ beranak adalah
–          Memiliki daun telinga
–          Memiliki rambut sebagai penutup tubunya
–          Memiliki kelenjar susu
–          Menyusui anaknya
–          Melahirkan anak dari tubuh induknya

Proses pembuahan dan perkembangan embrio terjadi didalam rahim induknya. Proses ini yang disebut dengan masa mengandung. Hewan yang termasuk dalam kelompok ini adalah jenis mamalia seperti kambing, kuda, lumba-lumba, dll









OVOVIVIVAR / BERANAK DAN BERTELUR

Proses perkembangan embrio terjadi didalam telur dimana telur tersebut masih tetap berada didalam tubuh induknya hingga menetas. Setelah menetas, individu baru tersebut keluar dari tubuh induknya. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah ular boa, ular sanca, dan ular piton















PERKEMBANGBIAKAN HEWAN SECARA VEGETATIF
1. FRAGMENTASI
Fragmentasi yaitu pemisahan salah satu bagian tubuh yang kemudian dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu baru. Contohnya Planaria sp dan Asterias sp.

2. TUNAS
Budding/tunnas/gemmulae yaitu pembentukan tonjolan pada salah satu bagian tubuh hewan dan berkembang menjadi individu baru. Proses perkembangan tunas menjadi hewan dewasa di sebut blastogenesis. Tunas ini akan dapat melepaskan diri dari hewan induknya bila telah cukup matang. Cara reproduksi ini dapat kita jumpai pada Hydra atau Porifera.

3. MEMBELAH DIRI
Pembelahan sel/fisi terjadi pada organisme sel satu. Pada proses fisi individu terbelah menjadi dua bagian yang sama. Fisi yaitu pembelahan sel pada sel induk dan hasilnya akan berkembang menjadi individu baru.

4. PARTENOGENESIS
Partenogenesis yaitu terbentuknya individu baru tanpa terjadinya fertilisasi. Contoh partenogenesis yaitu telur belalang jambu yang dapat menetas meskipun tidak mengalami fertilisasi. Jadi, meskipun hanya seekor betina yang dipelihara, tetapi telur yang dihasilkan tetap dapat menetas. Sel telur dapat berkembang menjadi individu baru walaupun tanpa fertilisasi.


















PARTENOGENESIS

Partenogenesis adalah bentuk reproduksi aseksual pada hewan di mana betina memproduksi sel telur yang berkembang tanpa melalui proses fertilisasi.
Individu ini akan memiliki setengah kromosom tubuh karena berasal dari sel haploid. 
Adapun  siklus partenogenesis seperti pada kutu daun betina dan kutu air betina dapat terus menerus bertelur tanpa melalui proses fertilisasai, telur-telur yang dihasilkan akan berkembang dan menjadi kutu wanita. Meski demikian setelah beberapa generasi kutu mengalami partenogenesis akan tetap memerlukan proses fertilisasi untuk menghasilkan generasi atau individu baru.


METAMORFOSIS
Metamorfosis ialah perubahan bentuk tubuh secara bertahap dari telur hingga dewasa. Metemorfosis ini terjadi pada serangga dan amfibi. Berdasarkan prosesnya, metamorfosis dibedakan menjadi 2 yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang ditandai dengan adanya fase kepompong atau pupa, metamorfosis ini memiliki bentuk larva dan dewasa yang berbeda jauh. 
Berikut adalah tahapan metamorfosis sempurna : Telur – Larva – Pupa (kepompong)- Dewasa (imago). 
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna antara lain kupu-kupu, lalat, katak, nyamuk, semut  dan lebah.

Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis antara bentuk serangga yang baru menetas dengan serangga dewasa tidak jauh berbeda. 
Tahapan meatamorfosis tidak sempurna yaitu Telur – Nimfa – Imago. 
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, capung,kecoa, rayap dan jangkrik.



 















Supaya lebih paham tentang materi reproduksivegetatif pada hewan tonton video dibawab ini. Supayajelas ditontonnya diperbesar atau di landscape





Teknologi Reproduksi pada Hewan

Setiap hari, masyarakat banyak mengkonsumsi daging yang mengakibatkan jumlah konsumsi daging terus meningkat. Untuk membantu hewan bereproduksi, digunakan teknologi yang mempermudah pekerjaan tersebut. Berikut adalah cara yang dikembangkan untuk membantu reproduksi pada hewan yaitu :

1. Inseminasi Buatan

Inseminasi buatan atau kawin suntik adalah proses memasukkan cairan sperma (semen) dari hewan jantan ke dalam saluran reproduksi hewan betina dengan bantuan manusia. Cairan sperma dimasukkan dengan cara disuntik. Dengan cara ini, sangat memudahkan hewan untuk bisa menghasilkan anak karena hewan jantan tidak harus kawin dengan hewan betina secara langsung. Sehingga, hewan betina bisa menghasilkan anak tanpa bertemu dengan hewan jantan.

Dalam melaksanakan inseminasi buatan, dibutuhkan semen dari hewan jantan yang memiliki kualitas unggul. Semen tersebut kemudian disimpan pada suhu rendah, yaitu ?800C hingga ?200C. Hal ini bertujuan agar semen tidak mengalami kerusakan dan mati, karena sel sperma sangat rentan terhadap suhu panas. Inseminasi buatan telah diterapkan pada beberapa hewan, antara lain pada sapi, bebek, itik, domba, dan hewan lainnya

 Inseminasi buatan memiliki be berapa manfaat, antara lain efisiensi biaya, waktu dan memperbaiki kualitas anakkan.  Perbaikan kualitas mi salnya sebagai penghasil daging yang berkualitas (sapi potong). Sebagai contoh, untuk menghasilkan anakan sapi dengan kualitas daging yang baik dan berjumlah banyak, diambil sel-sel sperma dari sapi brahman dari India untuk diinseminasikan pada sapi betina lokal.

.




2. Kloning

Kloning adalah teknik reproduksi secara aseksual pada hewan. Artinya, tidak melalui tahap fertilisasi. Kloning dilakukan dengan menggunakan sel tubuh hewan untuk kemudian dikembangkan menjadi satu individu utuh. Individu anakan yang dihasilkan memiliki sifat dan ciri yang sama persis dengan induknya. Misalnya, jika sel yang digunakan untuk kloning berasal dari hewan betina, maka individu anakan yang dihasilkan juga hewan betina.

Langkah kerja yang dilakukan untuk membuat kloning domba Dolly adalah mengambil sel telur dari ovarium domba betina dan mengambil sel kelenjar mamae dari domba betina lain. Lalu mengeluarkan nukleus sel telur dan memasukkan nukleus sel kelenjar mamae ke dalam sel telur yang sudah tidak memiliki nukleus. Kemudian sel telur yang mengandung sel kelenjar mamae dimasukkan ke dalam uterus domba kemudian domba tersebut akan hamil dan melahirkan anak domba hasil kloning.









218 komentar:

  1. Assalammualaikum saya M.Sheva Nico Pratama dari kelas 9D izin bertanya.
    Apa yang di maksud dengan PARTENOGENESIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Waalaikumsalam, Izin menjawab, Partenogenesis adalah bentuk reproduksi aseksual pada hewan di mana betina memproduksi sel telur yang berkembang tanpa melalui proses fertilisasi.

      Hapus
    2. Nama:intan trisya amanda
      Kls:9d
      Waalaikumsalam,izin menjawab Partenogenesis adalah bentuk reproduksi aseksual pada hewan di mana betina memproduksi sel telur yang berkembang tanpa melalui proses fertilisasi

      Hapus
    3. Nama:Shinta Wahita
      kelas:9f
      Izin Menjawab
      Partenogenesis yaitu terbentuknya individu baru tanpa terjadinya fertilisasi.

      Hapus
    4. Nama:Evita Agustri
      Kelas:9A
      Izin menjawab:Partenogenesis adalah bentuk reproduksi aseksual pada hewan di mana betina memproduksi sel telur yang berkembang tanpa melalui proses fertilisasi

      Hapus
    5. katia, intan, shinta, evita.....100 untuk kalian

      Hapus
  2. Nama: Fitria Srirahayu
    Kelas:9E
    Sebutkan hewan apa saja yang mengalami metamorfosis tidak sempurna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, capung,kecoa, rayap dan jangkrik.

      Hapus
    2. Nama:Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab
      Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna Yaitu: belalang, capung,kecoa,rayap, dan jangkrik

      Hapus
    3. Nama:Naufalia Putri
      Kelas:9B
      Izin Menjawab; contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna itu, belalang, capung,kecoa,rayap, dan jangkrik

      Hapus
    4. Nama:RYSTA AMELIA
      Kelas:9B
      Izin menjawab:hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu Ayam, kecoa belalang, buaya

      Hapus
    5. Nama:RYSTA AMELIA
      Kelas:9B
      Izin menjawab:hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu Ayam, kecoa belalang, buaya

      Hapus
    6. nama:fauzan raffi m.a
      kelas:9e
      Izin Menjawab; contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna itu, belalang, capung,kecoa,rayap, dan jangkrik

      Hapus
    7. katia, nurul, naufalia, rysta, fauzan......terimakasih sudah membantu menjawab

      Hapus
    8. Nama:Desi Komala Sari
      Kls:9f
      Izin menjawab
      hewan mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah belalang, capung,kecoa, rayap dan jangkrik.

      Hapus
    9. Nama: Jenia Etami Sari
      Kls: 9f
      Izin menjawab
      Hewan mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah belalang,capung, kecoa, rayap, dan jangkrik

      Hapus
  3. Nama:Rafi afdhal amrullah
    Kelas:9A
    Izin bertanya bu:Bagaimana proses berkembang biak nya hewan lumba-Lumba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:raymond Jeremia Tamba
      Kelas:9E
      Izin menjawab
      berkembang biak lumba – lumba adalah dengan cara beranak (vivipar) sama seperti kebanyakan mamalia lainnya. Perkembangbiakan lumba-lumba tidak seperti perkembangbiakan hiu diamana hiu bertelur, namun lumba - lumba memiliki cara berkembang biak yang sama dengan paus.

      Hapus
    2. Nama:intan trisya amanda
      Kls:9d
      Izin menjawab,Lumba-lumba berkembangbiak secara GENERATIF dengan cara VIVIPAR atau beranak/melahirkan sama seperti hewan mamalia lainnya.

      Hapus
    3. Nama:Sabrina Aliya P
      Kelas:9E
      Izin menjawab
      Lumba-lumba berkembangbiak dengan cara vivivar/beranak

      Hapus
  4. Nama:Nurul Aulia
    Kelas:9A
    Sebutkan 3klompok hewan yang berkembangbiaknya dengan cara bertelur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Sabrina Aliya P
      Kelas:9E
      Izin menjawab
      -Ikan pari
      -Kadal
      -Ular piton

      Hapus
    2. Nama:Muhamad Raihan Arya
      Kelas:9F
      Izin menjawab,Itik,Ayam,burung.

      Hapus
    3. Nama : Shinta Wahita
      Kelas :9f

      Izin Menjawab

      1.Gajah
      2.Kuda
      3.paus

      Hapus
    4. Nama:Amelia Jasmine Chaerunisa
      Kelas:9A
      Izin menjawab:
      1.Lalat
      2.Komodo
      3.kura kura
      4.Cecak
      5.Bebek
      6.Ayam
      7.Burung Merpati
      8.Kadal

      Hapus
    5. 1. buat sabrinacoba buka lagi materinya..
      2. raihan 100
      3. shinta coba lihat lagi materinya....hewan yang bertelur pertanyaannya
      4. amelia ...coba baca lagi materinya..komodo sama kadal masuk mana..

      Hapus
  5. Asalamualaikum nama saya Ica ayudia meilani dari Kls 9B izin bertanya.
    Bagaimana ciri ciri hewan yang berkembang biak dengan cara bertetlur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab
      Telur dikeluarkan dari tubuh induknya
      – Memiliki bulu sebagai alat penutup tubuhnya
      – Tidak memiliki daun telinga
      – Tidak memiliki kelenjar susu
      – Tidak menyusui anaknya
      – Tidak mengalami masa mengandung

      Hapus
    2. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Ciri-ciri hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur adalah
      – Telur dikeluarkan dari tubuh induknya
      – Memiliki bulu sebagai alat penutup tubuhnya
      – Tidak memiliki daun telinga
      – Tidak memiliki kelenjar susu
      – Tidak menyusui anaknya
      – Tidak mengalami masa mengandung

      Hapus
    3. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Ciri ciri hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah:–Telur dikeluarkan dari tubuh induknya
      –Memiliki bulu sebagai alat penutup tubuhnya
      –Tidak memiliki daun telinga
      –Tidak memiliki kelenjar susu
      -Tidak menyusui anaknya
      -Tidak mengalami masa mengandung

      Hapus
    4. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Ciri-ciri hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur adalah
      – Telur dikeluarkan dari tubuh induknya
      – Memiliki bulu sebagai alat penutup tubuhnya
      – Tidak memiliki daun telinga
      – Tidak memiliki kelenjar susu
      – Tidak menyusui anaknya
      – Tidak mengalami masa mengandung

      Hapus
  6. Assalamualaikum nama saya Pillar air Langga dari kelas 9A izin bertanya

    Hewan apa saja yang mengalami meatamorfosis tidak sempurna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      Izin menjawab
      Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, capung,kecoa, rayap dan jangkrik.

      Hapus
    2. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      Izin menjawab
      Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, capung,kecoa, rayap dan jangkrik.

      Hapus
    3. Naufalia Putri
      9B
      Izin Menjawab : contoh Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna Yaitu: belalang, capung,kecoa,rayap, dan jangkrik

      Hapus
    4. Nama:Katia
      Kelas:9e
      Izin menjawab, Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, capung,kecoa, rayap dan jangkrik.

      Hapus
    5. Nama; Nida Aliyani
      Kls;9f
      Izin menjawab,metamorfosis tidak sempurna yaitu, belalang, capung, kecoa, rayap dan jangkrik

      Hapus
    6. Nama:Ersa ayoni
      Kls:9f
      Izin menjawab:metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, capung, kecoa, rayap, dan jangkrik

      Hapus
    7. Nama:Rizky Agung
      Kelas:9C



      Izin menjawab: Hewan yg mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah:Belalang, Capung,Kecoa,Rayap,dan jangkrik

      Hapus
  7. Nama:Muhamad Raihan Arya
    Kelas:9F
    Izin bertanya,sebutkan ciri ciri hewan yang melahirkan/beranak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: fini aura lestari
      Kelas: 9A
      Izin menjawab
      - Memiliki daun telinga
      – Memiliki rambut sebagai penutup tubunya
      – Memiliki kelenjar susu
      – Menyusui anaknya
      – Melahirkan anak dari tubuh induknya

      Hapus
    2. Nama:Elia
      Kelas:9E
      Izin menjawab:ciri ciri hewan yg melahirkan/beranak
      – Memiliki daun telinga
      – Memiliki rambut sebagai penutup tubunya
      – Memiliki kelenjar susu
      – Menyusui anaknya
      – Melahirkan anak dari tubuh induknya

      Hapus
    3. Nama:Katia
      Kelas:9e
      Izin menjawab, ciri ciri hewan yg melahirkan/beranak
      – Memiliki daun telinga
      – Memiliki rambut sebagai penutup tubunya
      – Memiliki kelenjar susu
      – Menyusui anaknya
      – Melahirkan anak dari tubuh induknya

      Hapus
  8. Nama:Katia
    Kelas:9E
    Izin bertanya, Apa yang dimaksud dengan Tunas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Rizka Paramita
      Kelas:9B
      Izin menjawab:tunas yaitu pembentukan tonjolan pada salah satu bagian tubuh hewan dan berkembang menjadi individu baru

      Hapus
    2. Nama:Rendi muplihudin
      kelas:9b
      Izin menjawab:Budding/tunnas/gemmulae yaitu pembentukan tonjolan pada salah satu bagian tubuh hewan dan berkembang menjadi individu baru.

      Hapus
    3. Nama:Elia
      Kelas:9E
      Izin menjawab:Budding/tunnas/gemmulae yaitu pembentukan tonjolan pada salah satu bagian tubuh hewan dan berkembang menjadi individu baru.

      Hapus
  9. Nama: Rizka Paramita
    Kelas:9B
    Izin bertanya:di sebut apa proses perkembangan tunas menjadi hewan dewasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Disebut blastogenesis

      Hapus
    2. Nama.Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Proses perkembangan tunas menjadi hewan dewasa di sebut blastogenesis.

      Hapus
  10. Nama:Elia
    Kelas:9E
    Izin bertanya:sebutkan 3contoh hewan yg berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin memperkenalkan diri Nama saya Aprila tri mauli Dari kelas 9A
      Izin menjawab
      Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah ular boa, ular sanca, dan ular piton

      Hapus
    2. Nama:Rendi muplihudin
      Kelas:9b
      Izin menjawab heawn yang berkembang biak dengan cara ovovivipar antara lain platinus,
      Ikan pari,dan kadal.

      Hapus
    3. Nama:Katia
      Kelas:9e
      Izin menjawab, Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah ular boa, ular sanca, dan ular piton

      Hapus
  11. Nama:Katia
    Kelas:9E
    Izin bertanya,Sebutkan hewan yang membelah diri ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh hewan yang berkembang biak secara membelah diri yaitu berasal seperti :
      1. Amuba,
      2. Paramesium,
      3. Cilliata
      4. Flagellata caudatum
      5. Euglena viridis
      6. Chlorella sp
      7. archaea,

      Hapus
    2. Izin memperkenalkan diri nama saya aprila tri mauli kelas 9A
      Izin menjawab:
      contoh hewan yang berkembang biak dengan membelah diri yaitu :
      Amuba
      Paramesium
      Cilliata
      Flagellata caudatum
      Euglena viridis
      Chlorella sp
      archaea

      Hapus
  12. Izin memperkenalkan diri
    Nama saya Aprila tri mauli
    Kelas 9A

    Izin bertanya:
    Mengapa hewan Ovivar/Bertelur memiliki ciri ciri
    –Telur dikeluarkan dari tubuh induknya
    –Memiliki bulu sebagai alat penutup tubuhnya
    –Tidak memiliki daun telinga
    –Tidak memiliki kelenjar susu
    –Tidak menyusui anaknya
    –Tidak mengalami masa mengandung??

    BalasHapus
  13. Nama:Katia
    Kelas:9e
    Izin bertanya, Sebutkan contoh hewan yang beranak dan bertelur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Clararita Reanisa Nurazizah
      Kelas:9C
      Izin menjawab,
      Contoh hewan ovovivipar
      1. Ikan pari
      2. Ikan hiu
      3. Bunglon
      4. Platypus
      5. Iguana
      6. Ikan guppy
      7. Kadal
      8. Kuda laut

      Hapus
    2. Nama:Rendi muplihudin
      Kelas:9b
      Izin menjawab:hewan yang beranak
      Dan bertelur antara lain ikan hiu,ikan pari,bunglon,iguana,dan
      Kuda laut.

      Hapus
  14. Nama:ihsan azzam thufail
    kelas:9C

    izin bertanya,apa yang di maksudkan dengan METAMORFOSIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Metamorfosis ialah perubahan bentuk tubuh secara bertahap dari telur hingga dewasa.

      Hapus
    2. Metamorfosis ialah perubahan bentuk tubuh secara bertahap dari telur hingga dewasa. Metemorfosis ini terjadi pada serangga dan amfibi.

      Hapus
  15. Nama:Katia
    Kelas:9e
    Izin bertanya, Sebutkan contoh hewan yang beranak dan bertelur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ular boa, ular sanca, dan ular piton

      Hapus
    2. Nama:Sabrina Aliya P
      Kelas:9E
      Izin menjawab
      -Ular boa
      -Ular sanca
      -Ular piton

      Hapus
    3. Nama : Ririn Sapitri
      Kelas : 9D
      Izin menjawab contoh hewan Ovovivipar (beranak dan bertelur) yaitu :
      -kuda laut
      -platypus
      -Hiu
      -ikan pari
      -kadal
      -iguana

      Hapus
    4. Nama:Ersa ayoni
      Kls:9f
      Izin mebjawab:ular boa, ular sanca, ular piton

      Hapus
  16. Nama:ihsan azzam thufail
    kelas:9C

    izin bertanya,apa yang di maksudkan dengan METAMORFOSIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Metamorfosis ialah perubahan bentuk tubuh secara bertahap dari telur hingga dewasa.

      Hapus
    2. Nama: Muhammad Rival Saputra
      Kls: 9C
      Izin menjawab
      Metamorfosis ialah perubahan bentuk tubuh secara bertahap dari telur hingga dewasa

      Hapus
    3. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab,Metamorfosis ialah perubahan bentuk tubuh secara bertahap dari telur hingga dewasa.

      Hapus
  17. Nama: Muhammad Rival Saputra
    Kls:9C
    Izin bertanya
    Apasaja berkembang biak hewan secara vegetatif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      1.FRAGMENTASI
      2.TUNAS
      3.MEMBELAH DIRI
      4.PARTENOGENESIS

      Hapus
    2. Nama:Telita Wati
      Kelas:9A
      1.Fragmentasi
      2.Tunas
      3.Membelahh diri 4.Partenogenesis

      Hapus
  18. Nama: fini aura lestari
    Kelas: 9A
    Izin bertanya
    Apa yang dimaksud fertilisisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Revalina Amaria lestari
      Kelas:9F
      Ijin menjawab

      Fertilisasi merupakan proses penyatuan sel gamet jantan dan sel gamet betina. Penyatuan tersebut menghasilkan sel diploid yang disebut zigot. Proses fertilisasi dapat terjadi pada hewan dan tumbuhan, tentu saja manusia juga. Pada hewan fertilisasi dapat terjadi secara internal atau eksternal.

      Hapus
    2. proses penyatuan sel gamet jantan dan sel gamet betina.

      Hapus
    3. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Fertilisasi merupakan proses penyatuan sel gamet jantan dan sel gamet betina

      Hapus
    4. Nama:siti yuli sahrina
      Kelas: 9A
      Izin menjawab, fertilisisasi (pembuahan) adalah peleburan 2 gamet yang dapat berupa nukleus atau sel sel bernukleus untuk membentuk sel tunggal (zigot) atau peleburan nukleus

      Hapus
    5. Nama: Juwintan Nurul Ilmi
      Keaas: 9C
      Izin menjawab..
      Fertilisasi merupakan proses penyatuan sel gamet jantan dan sel gamet betina. Penyatuan tersebut menghasilkan sel diploid yang disebut zigot. Proses fertilisasi dapat terjadi pada hewan dan tumbuhan, tentu saja manusia juga. Pada hewan fertilisasi dapat terjadi secara internal atau eksternal.

      Hapus
    6. Nama :Annisa Rizkia
      Klas :9A
      Fertilisasi adalah peleburan dua gamet yang dapat berupa nukleus atau sel-sel bernukleus untuk membentuk sel tunggal (zigot) atau peleburan nukleus. Biasanya melibatkan

      Hapus
    7. Nama:Faisal Map'ul Ahyar
      Kelas:9A
      Pembuahan (atau disebut juga fertilisasi, konsepsi, fekundasi, atau singami) adalah peleburan dua gamet yang dapat berupa nukleus atau sel-sel bernukleus untuk membentuk sel tunggal (zigot) atau peleburan nukleus. Biasanya melibatkan penggabungan sitoplasma (plasmogami) dan penyatuan bahan nukleus (kariogami).

      Hapus
  19. Nama: siti yuli sahrina
    Kelas: 9A
    Izin bertanya, apa yang dimaksud dengan metamorfosis tidak sempurna? Dan sebutkan contohnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. metamorfosis antara bentuk serangga yang baru menetas dengan serangga dewasa tidak jauh berbeda.
      Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, capung,kecoa, rayap dan jangkrik.

      Hapus
    2. metamorfosis antara bentuk serangga yang baru menetas dengan serangga dewasa tidak jauh berbeda.
      Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, capung,kecoa, rayap dan jangkrik.

      Hapus
    3. Nama: Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis antara bentuk serangga yang baru menetas dengan serangga dewasa tidak jauh berbeda.contohnya
      belalang, capung,kecoa,rayap, dan jangkrik

      Hapus
    4. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis antara bentuk serangga yang baru menetas dengan serangga dewasa tidak jauh berbeda.
      Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, capung,kecoa, rayap dan jangkrik

      Hapus
    5. Nama:Ririn Riyanti
      Kelas:9E

      Izin menjawab

      Metamorfosis tidak sempurna adalah Metamorfosis pertumbuhan pada hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk secara signifikan. Contohnya belalang, capung, kecoa, rayap dah jangkrik.

      Hapus
    6. Nama: Juwintan Nurul Ilmi
      Kelas: 9C
      Izin menjawab..
      Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis antara bentuk serangga yang baru menetas dengan serangga dewasa tidak jauh berbeda.
      Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, capung,kecoa, rayap dan jangkrik.


      Hapus
    7. Nama:kayla namira
      Kelas:9C
      Izin menjawab:Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis antara bentuk serangga yang baru menetas dengan serangga dewasa tidak jauh berbeda.
      Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, capung,kecoa, rayap dan jangkrik.

      Hapus
    8. deri,fitria,katia,ririn,juwintan,kayla.....terimakasih membantu menjawab pertanyaan siti yuli

      Hapus
  20. Nama:Nabilah Febriyarti Rahma
    Kls:9b
    Sebutkan Hewan Apa saja yg mengalami Metamorfosis sempurna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      kupu-kupu, lalat, katak, nyamuk, semut dan lebah.

      Hapus
    2. Nama:Rendi muplihudin
      Kelas:9b
      Izin menjawab hewan yang mengalami metamorfosis sempurna antara lain kupu kupu,lalat,katak,nyamuk

      Hapus
    3. Nama: siti yuli sahrina
      Kelas: 9A
      Izin menjawab, contoh hewan yg mengalami metamorfosis sempurna yaitu kupu-kupu,katak,lalat,nyamuk,semut dan lebah

      Hapus
    4. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna antara lain kupu-kupu, lalat, katak, nyamuk, semut dan lebah.

      Hapus
    5. fitria, rendi, siti yuli, katia....100 buat kalian.terimakasih sudah menjawab pertanyaan Nabilah febriyani

      Hapus
  21. Nama:Rendi muplihudin
    Kelas:9b
    Izin bertanya,apa yang dimaksud dengan
    Metamorfosis tidak sempurna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis antara bentuk serangga yang baru menetas dengan serangga dewasa tidak jauh berbeda.

      Hapus
    2. Nama:Katia
      Kelas:9e
      Izin menjawab, Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis antara bentuk serangga yang baru menetas dengan serangga dewasa tidak jauh berbeda.

      Hapus
    3. Nama:Andika melandri
      Kls :9C
      Izin menjawab,Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis antara bentuk serangga yang baru menetas dengan serangga dewasa tidak jauh berbeda.

      Hapus
    4. fitria, katia,andika...... 100 terimakasih

      Hapus
  22. Nama:Eka Anuri Rahmawati
    Kls:9B
    Izin bertanya

    Apa yang di maksud Fragmentasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Fragmentasi yaitu pemisahan salah satu bagian tubuh yang kemudian dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu baru.

      Hapus
    2. Nama: Juwintan Nurul Ilmi
      Kelas: 9C
      Izin menjawab..
      Fragmentasi yaitu pemisahan salah satu bagian tubuh yang kemudian dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu baru.

      Hapus
    3. Nama:Ririn Riyanti
      Kelas:9E

      Izin menjawab

      Fragmentasi adalah pemisahan salah satu bagian tubuh yang kemudian dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu baru.

      Hapus
    4. Nama:Katia
      Kelas:9e
      Izin menjawab, Fragmentasi yaitu pemisahan salah satu bagian tubuh yang kemudian dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu baru

      Hapus
    5. Nama:Sabrina Aliya P
      Kelas:9E
      Izin menjawab
      Fragmentasi yaitu pemisahan salah satu bagian tubuh yang kemudian dapat tumbuh dan berkembang mejawdi individu baru.

      Hapus
    6. Fitria Srirahayu,Juwintan Nurul Ilmi,Ririn Riyanti,Katia, Sabrina Aliya P......terimakasib membantu menjawab Eka Anuri Rahmawati. 100 buat kalian

      Hapus
  23. Nama:Katia
    Kelas:9e
    Izin bertanya, Sebutkan ciri ciri hewan yang beranak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Sabrina Aliya P
      Kelas:9E
      Izin menjawab
      Ciri-ciri hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan/ beranak adalah
      – Memiliki daun telinga
      – Memiliki rambut sebagai penutup tubunya
      – Memiliki kelenjar susu
      – Menyusui anaknya
      – Melahirkan anak dari tubuh induknya

      Hapus
    2. Nama: Eka Anuri Rahmawati
      Kelas:9B
      Izin menjawab

      -memiliki daun telinga
      -memiliki rambut sebagai penutup tubuh nya
      -memiliki kelenjar susu
      -menyusui anaknya
      -melahirkan anak dari tubuh induk nya

      Hapus
  24. Nama: Juwintan Nurul Ilmi
    Kelas: 9C
    Izin bertanya..
    Apa yang di maksud Partenogenesis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Partenogenesis yaitu terbentuknya individu baru tanpa terjadinya fertilisasi.

      Hapus
    2. Nama:Sabrina Aliya P
      Kelas:9E
      Izin menjawab
      Partenogenesis adalah bentuk reproduksi aseksual pada hewan dimana betina memproduksi sel telur yang berkembang tanpa melalui proses fertilisasi.

      Hapus
    3. Nama:Katia
      Kelas :9e
      Izin menjawab, Partenogenesis yaitu terbentuknya individu baru tanpa terjadinya fertilisasi.

      Hapus
    4. partenogenesis adalah bentuk reproduksi aseksual pada hewan di mana betina memproduksi sel telur yang berkembang tanpa melalui proses fertilisasi

      Hapus
    5. fitria, sabrina, katia....terimakasih jawabannya 100

      Hapus
  25. Nama:Ramdhan Maulana
    Kelas:9B
    Izin bertanya
    Apa contoh hewan metamorfosis tidak sempurna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fitria Srirahayu
      9E
      Contohnya:belalang, capung,kecoa, rayap dan jangkrik.

      Hapus
    2. Nama:Andika melandri
      Kls :9C
      Izin bertanya,Apa yang di maksud dengan FRAGMENTASI dan berikan contohnya?

      Hapus
    3. Nama:Amelia Jasmine Chaerunisa
      Kelas:9A
      Izin menjawab
      1.Belalang
      2.Rayap/Laron
      3.Jangkrik
      4.Capung
      5.Kepik

      Hapus
    4. Nama:Amelia Jasmine Chaerunisa
      Kelas:9A
      Izin menjawab
      1.Belalang
      2.Rayap/Laron
      3.Jangkrik
      4.Capung
      5.Kepik

      Hapus
    5. terimakasih jawabannya firia,andika,amel....100

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Nama:Amelia Jasmine Chaerunisa
    Kelas:9A
    Assalamualaikum,Izin bertanya
    Kenapa amoeba bisa 2 habitat?

    BalasHapus
  28. Nama:Muhammad Syehan Ramdhani
    Kelas:9D
    Izin bertanya
    Apa yang di maksud dengan tunas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama;Titi Sanutri
      Kelas:9E
      Izin menjawab,Tunas adalah bagian tumbuhan yang baru tumbuh dari kecambah atau kuncup yang berada di atas permukaan tanah/media. Tunas dapat terdiri dari batang, ditambah dengan daun muda, calon bunga, atau calon buah.

      Hapus
    2. Nama:Rivan Difadana
      Kelas:9D
      Tunas adalah bagian tumbuhan yang baru tumbuh dari kecambah atau kuncup yang berada di atas permukaan tanah/media. Tunas dapat terdiri dari batang, ditambah dengan daun muda, calon bunga, atau calon buah

      Hapus
  29. Nama:Muhammad Syehan Ramdhani
    Kelas:9D
    Izin bertanya
    Apa yang di maksud dengan tunas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Annisa Rizkia
      Klas :9A
      Izin menjawab Tunas adalah bagian tumbuhan yang baru tumbuh dari kecambah atau kuncup yang berada di atas permukaan tanah/media.

      Hapus
    2. Fitria Srirahayu
      9E
      Ijin menjawab
      Budding/tunnas/gemmulae yaitu pembentukan tonjolan pada salah satu bagian tubuh hewan dan berkembang menjadi individu baru.

      Hapus
  30. Nama : Nabila Muzdalifah
    Kelas : 9D
    Izin bertanya, bagaimana cara membedakan hewan ovivar, vivivar dan ovovivivar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : SUSILAWATI
      Kelas : 9E
      Izin menjawab :
      - Ovivar adalah perkembangbiakan dengab cara bertelur
      - Vivivar adalah perkembangbiakan dengan cara melahirkan
      - Ovovivivar adalah perkembangbiakan dengan cara bertelur dan melahirkan

      Hapus
  31. Nama:Muhammad Syehan Ramdhani
    Kelas:9D
    Izin bertanya
    Apa yang di maksud membelah diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:ogi setiawan
      Kelas:9F
      Izin menjawab
      yang dimaksud membelah diri adalah membagi tubuhnya menjadi 2 bagian yang ukuranya sama, sehingga aulit dibedakan mana yg induk dan mana yg anak. makhluk hidup yg berkembang biak secara membelah diri adalah amoeba, paramecium, dan euglena...

      Hapus
    2. Nama: Raysa fadya aulia
      Kelas:9D
      Izin menjawab membelah diri adalah membagi tubuh nya menjadi 2 bagian yang ukuranya sama, sehingga sulit di bedakan mana yang induk dan mana yang anak

      Hapus
  32. Nama:ogi setiawan
    Kelas:9F
    Izin bertanya
    Apa yang dimaksud dengan metamorfosis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Raysa Fadya Aulia
      Kelas:9D
      Izin menjawab Metamorfosis ialah perubahan bentuk tubuh secara bertahap dari telur hingga dewasa.

      Hapus
    2. Nama: Debrylian Nur Frachmawan
      Kls9d
      Izin menjawab
      Metamorfosis ialah perubahan bentuk tubuh secara bertahap dari telur hingga dewasa. Metemorfosis ini terjadi pada serangga dan amfibi. Berdasarkan prosesnya, metamorfosis dibedakan menjadi 2 yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

      Hapus
  33. Nama : Ririn Sapitri
    Kelas : 9D
    Izin bertanya apa yang di maksud dengan Metamorfosis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Alya Dwi Kartika
      Kelas : 9B

      Metamorfosis ialah perubahan bentuk tubuh secara bertahap dari telur hingga dewasa

      Hapus
    2. Nama:Gracia Anggi Rosevita
      Kelas:9B
      Izin menjawab:Metamorfosis ialah perubahan bentuk tubuh secara bertahap dari telur hingga dewasa. Metemorfosis ini terjadi pada serangga dan amfibi. Berdasarkan prosesnya, metamorfosis dibedakan menjadi 2 yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

      Hapus
  34. Nama: Raysa Fadya Aulia
    Kelas:9D
    Izin bertanya apa yang di maksud partenogenesis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saia muhammad farel algifari dari kelas 9F izin menjawab .
      Partenogenesis (dari bahasa Yunani παρθένος parthenos, "virgin", + γένεσις genesis, "pembuatan") merupakan pertumbuhan dan perkembangan embrio atau biji tanpa fertilisasi oleh pejantan. Partenogenesis terjadi secara alami pada beberapa spesies, termasuk tumbuhan tingkat rendah, invertebrata (contoh kutu air, kutu daun, dan beberapa lebah), dan vertebrata (contoh beberapa reptil, ikan, dan, sangat langka, burung, dan hiu)

      Hapus
  35. Saia Muhammad farel algifari dari kelas 9F izin bertanya .
    Sebutkan hewan apa saja yang berkembang biak dengan cara Tunas .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Yopi Juliana Firmansyah 9B
      Izin menjawab: Hydra

      Hapus
    2. Bella salwa 9C
      Hydra,porifera,dan coelenterata

      Hapus
  36. Nama Sefina Amelia
    Kls 9F
    Izin Bertanya Sebutkan hewan apa saja yang berkembang biak dengan cara Membelah Diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yopi Juliana Firmansyah 9B
      Izin menjawab: Amoeba

      Hapus
  37. Nama: Iis Halimahtu Sa'diah
    Kelas: 9D
    Sebutkan macam-macam sistem reproduksi hewan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. -OVIPAR (Bertelur)
      -VIVIPAR (Melahirkan)
      -OVOVIVIPAR (Bertelur dan Melahirkan)
      -TUNAS.
      -FRAGMENTASI.
      -MEMBELAH DIRI.

      Hapus
  38. - Ovipar
    - Vivipar
    - Ovovivipar

    BalasHapus
  39. - Ovipar
    - Vivipar
    - Ovovivipar

    BalasHapus
  40. - Ovipar
    - Vivipar
    - Ovovivipar

    BalasHapus
  41. Ijin menjawab nama saya Fanesha akhwatifah 9E
    macam macam sistem reproduksi hewan adalah:
    Ovipar(Bertelur)
    Vivipar(Melahirkan)
    Ovovivipar(Bertelur dan Melahirkan)
    Tunas
    Fragmentasi
    Membelah diri

    BalasHapus
  42. Nama:Salsa Hata Rajasa
    Kelas:9A

    Izin bertanya apa yang dimaksud meta morfosis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama saya adelia Putri casmita dari 9B izin menjawab sebelumnya
      Metamorfosis ialah perubahan bentuk tubuh secara bertahap dari telur hingga dewasa. Metemorfosis ini terjadi pada serangga dan amfibi. Berdasarkan prosesnya, metamorfosis dibedakan menjadi 2 yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

      Hapus
  43. Nama:kuncoro putra Adi pratama
    Kls:9E
    Izin bertanya apa saja Ciri-ciri hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Muhammad alfi almu arif
      Kls:9c
      Izin menjawan
      1.ayam
      2.bebek
      3.burung
      4.buaya
      5.cicak
      6.ikan
      7.angsa
      8.penyu

      Hapus
    2. Nama:Muhammad alfi almu arif
      Kls:9c
      Izin menjawan
      1.ayam
      2.bebek
      3.burung
      4.buaya
      5.cicak
      6.ikan
      7.angsa
      8.penyu

      Hapus
  44. Izin bertanya sebelumnya saya adelia dari 9B, apa sajakah contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tunas.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Derina Rizkia zahra
      Kelas 9D
      Izin menjawab,hewan yang berkembang biak dengan cara tunas antara lain:Ubur-ubur,hydra,dan anemon laut.

      Hapus
  45. Derina rizkia zahra kelas 9D
    Izin bertanya,hewan apa saja yang bermetamorfosis dengan cara tidak sempurna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alexandra diya mirza
      9b

      Izin menjawab,Metamorfosis tidak sempurna terjadi dalam tiga tahapan yaitu telur, nimfa dan imigo contohnya kecoa dan belalang

      Hapus
  46. Alexandra diya mirza
    9B

    Izin menjawab,Metamorfosis tidak sempurna terjadi dalam tiga tahapan yaitu telur, nimfa dan imigo contohnya kecoa dan belalang

    BalasHapus
  47. Alexandra diya mirza
    9B

    Izin bertanya,hewan apa saja yang membelah diri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Aulina Febriani
      Kelas: 9A

      Izin menjawab contoh hewan yang berkembang biak dengan membelah diri yaitu amuba, paramesium, ciliata, flageliata caudatum, Euglena firidis

      Hapus
  48. Bella Salwa 9C
    Apa yg dimaksud dengan PARTENOGENESIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama; Nadia Septi Anggraeni
      Kelas: 9F
      Izin menjawab partenogenesia adalah salah satu reproduksi aseksual yg di lakukan hewan. Partenogenesis adalah bentuk reproduksi aseksual pada hewan dimana betina memproduksi sel telur yg berkembang tanpa melalui proses fertilisasi

      Hapus
  49. Nama : Askia Amalia L.L
    Kelas : 9D

    Izin menjawab partenogenesis adalah bentuk reproduksi aseksual pada hewan di mana betina memproduksi sel telur yang berkembang tanpa melalui proses fertilisasi.

    BalasHapus
  50. nama : rifky adesta febryan
    kelas : 9A
    izin bertanya
    sebutkan hewan Metamorfosis tidak sempurna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:chaera putri allysha 9c
      izin mnjawab:Belalang
      Jangkrik
      Kecoa
      Capung
      Tonggeret
      Rayap
      Kutu Daun
      Anggang

      Hapus
    2. Nama:chaera putri allysha
      kls:9c
      izin mnjawab:Belalang
      Jangkrik
      Kecoa Dll
      Capung
      Tonggeret
      Rayap
      Kutu Daun
      Anggang

      Hapus
  51. Nama:dian fitrah
    Kelas:9f
    Izin bertanya apa itu fragmentasi

    BalasHapus
  52. Nama:Bambang Sendi priyadi
    Kelas:9c
    Izin menjawab
    FRAGMENTASI
    Fragmentasi yaitu pemisahan salah satu bagian tubuh yang kemudian dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu baru. Contohnya Planaria sp dan Asterias sp.

    BalasHapus
  53. Putri Julia IX A
    Izi bertanya apa itu metamorfosis sempurna dan matemorfosis tidak sempurna? berikan contohnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vivi yani yulia IX D
      Izin menjawab:perubahan bentuk fisik hewan yang berbeda-beda pada setiap tahap perubahannya sesuai dengan umur hewan tersebut.
      Metamorfosis sempurna dimulai dari telur, misal ; telur >larva>kepompong/pupa>seekor hewan dewasa{imago} contoh: kupu2,kumbang,lalat,ngengat,katak

      Hapus
  54. Name:Rendy Fathir D.H
    Kls:9F
    Izin Bertanya Bu:Sebutkan hewan yang membelah diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fauzi IX F
      izin menjawab :1. Amuba,
      2. Paramesium,
      3. Cilliata
      4. Flagellata caudatum
      5. Euglena viridis
      6. Chlorella sp
      7. archaea

      Hapus
  55. Nama:Nisa Nur Habibah
    Kls:9B

    Izin menjawab,
    1.amuba
    2.paramesium
    3.cillata
    4.flagellata caudatum
    5.euglena viridis
    6.chorella sp
    7.archaea

    BalasHapus
  56. Nama:yoga ramadhan
    Kls:9A

    Hewan apa saja yang mengalami metamorfosis yang tidak sempurna

    BalasHapus
  57. Nama : Fuji WidyaNingsih
    Kelas : 9F

    Izin Menjawab

    1. Belalang
    2. Kecoa
    3. Capung
    4. Jangkrik
    5. rayap/Laron

    BalasHapus
  58. Nama: Faisal Map'ul Ahyar
    Kelas: 9A

    Hewan apa saja yang bereproduksi dengan cara membelah diri??

    BalasHapus
  59. Nama:Neyza Amanda
    Kelas:9c

    Apa yang di maksud metamorfosis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Ririn Riyanti
      Kelas:9E

      Izin menjawab


      Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan atau struktur setelah kelahiran atau penetasan.

      Hapus
  60. Nama:siti hamidah
    Kelas :9A
    Ijìn memberi pertanyaan
    Apa yang di maksud dengan ovovivivar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reysa intan nazwar
      9b
      Izin menjawab
      Cara berkembang biakan hewan dimana embrionya berkmbang di dalam telur tetapi telur tetp berada di dalam tubuh induknya sampe menetas
      Contohnya pada hewan hiu

      Hapus
  61. Nama : Davied
    kls : 9a

    Izin bertanya apakah lebah mempunyai racun

    BalasHapus
  62. Nama:Muhhamad Rizki
    Kelas:9A
    Ijin bertanya
    Apa yang di maksud perkembang biakan hewan secara pegetatip

    BalasHapus
  63. Nama: dewi anbini
    Kelas: 9E
    Pertanyaannya.
    Lumba² berkembang biak dengan cara apa?

    BalasHapus