Sabtu, 08 Agustus 2020

Penyakit yang Berhubungan dengan Sistem Reproduksi Manusia

Beberapa gangguan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia antara lain: AIDS, gonorea, sifilis, kanker serviks, epididimis, herpes genetalis, dan keputihan.

1. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah penyakit yang menyerang sistem                         kekebalan tubuh

2. Gonorea (kencing nanah) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neissaria Gonorrhoeae.             Ciri-cirinya, sering buang air kecil, keluar cairan seperti nanah dari saluran kelamin, dan terasa             panas

3. Sifilis (raja singa) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidium. Ciri-                    cirinya: luka pada (alat kelamin, rektum, lidah, dan bibir), pembengkakan getah bening pada                 bagian paha, bercak-bercak di seluruh tubuh, tulang dan sendi terasa nyeri terutama pada bagian             tangan dan telapak kaki.

4. Kanker Serviks adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HPV (Human Papiloma Virus)

5. Epididimis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi penyakit menular seksual (PMS). Ciri-            cirinya, terjadi peradangan pada saluran epididimis.

6. Herpes Genatalis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus harpes simplex tipe 2. Ciri-            cirinya, rasa gatal dan sakit di sekitar kelamin

7. Keputihan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida Albicans. Ciri-cirinya,              munculnya cairan seperti susu berwarna putih dari vagina.


Upaya Pencegahan Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia 

1. Menggunakan celana dalam yang berbahan katun dan bertekstur lembut. Hindari bahan yang                  bersifat panas, kurang menyerap keringat dan berbahan ketat.

2. Mengganti celana dalam minimal 2 – 3 kali sehari.

3. Biasakan membilas dengan bersih organ reproduksi setiap selesai buang air kecil maupun buang             air besar.

4. Memotong rambut yang ada di daerah organ reproduksi apabila sudah panjang, karena apabila                 terlalu panjang akan menjadi sarang kuman.

5. Buat perempuan, apabila sedang mengalami menstruasi, gantilah pembalut sesering mungkin.

6. Buat perempuan, hindari menggunakan sabun pembersih daerah kewanitaan dan patyliner secara            terus menerus.

7. Rajin berolahraga.

8. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur.Jangan pernah melakukan seks bebas.

9. Jangan pernah menggunakan narkoba. 

10. Berhati-hatilah ketika melakukan transfusi darah ataupun transfusi organ.

11. Menjaga pergaulan dan memilih gaya hidup yang sehat agar tidak terjebak pada seks bebas.

12. Jangan mengakses situs-situs yang menyediakan gambar atau film porno, karena dapat mendorong         kamu pada kehidupan seks bebas yang sangat rentan dengan penularan penyakit seksual.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar