Selasa, 22 September 2020

Pewarisan Sifat Pada Manusia dan Kelainan Sifat yang Diturunkan

Pewarisan sifat pada manusia dapat memengaruhi bentuk fisik. Selain itu, pewarisan sifat pada manusia juga berdampak pada menurunnya suatu penyakit cacat kepada keturunannya.

Pewarisan sifat pada manusia ditentukan oleh gen dan kromosom yang dimiliki oleh individu yang melakukan persilangan.

Berikut adalah beberapa contoh bentuk pewarisan sifat pada manusia yang dapat diamati. 

1. Warna kulit

Warna kulit manusia berbeda-beda karena dipengaruhi oleh gen. Gen dapat disederhanakan menjadi tiga gen. Misalnya, tiga gen tersebut yaitu gen A, B, C yang mengkode pembentukan pigmen kulit, yaitu melanin. Pigmen ini menyebabkan kulit menjadi gelap.

Variasi atau alternatif gen lain pada kulit (alela), yaitu gen a, b, c. Orang yang memiliki gen AABBCC akan memiliki kulit sangat gelap, sedangkan yang memiliki gen aabbcc akan memiliki kulit sangat terang.

Orang yang memiliki gen AaBbCc akan memiliki warna kulit sawo matang (tengah-tengah antara sangat gelap dan sangat cerah).

Selain akibat gen faktor lingkungan, faktor lain seperti paparan sinar matahari juga berpengaruh pada fenotip warna kulit.


2. Bentuk Rambut

Bentuk rambut dipengaruhi oleh gen. Terdapat dua macam gen yang mengendalikan rambut, yaitu gen C (dominan) untuk rambut keriting dan gen s (resesif) untuk rambut lurus.

Bentuk rambut merupakan kasus menarik, yang dinenal dengan dominansi tidak sempurna. Artinya jika kita memiliki salah satu dari kedua gen tersebut (gen C dan gen s), akan mendapatkan campuran dari keduanya, yaitu rambut akan menjadi berombak (Cs).

Jadi, orang yang berambut keriting, memiliki genotip CC, orang yang rambutnya berombak memiliki genotip Cs, dan orang dengan rambut lurus memiliki genotip ss.


3. Tipe Perlekatan Cuping Telinga

Ketika kita mengamati beberapa bentuk telinga, maka akan terlihat cuping telinganya melekat dan ada yang cuping telinganya terlepas.

Tipe perlekatan cuping telinga ini juga dikontrol oleh gen, yaitu gen G untuk cuping telinga terpisah atau terlepas dan gen g untuk cuping telinga melekat.

Jadi, seseorang yang memiliki gen G (baik bergenotip GG atau Gg) akan memiliki tipe perlekatan cuping telinga terpisah, sedangkan yang memiliki tipe perlekatan cuping melekat memiliki gen gg.


4. Penentuan Jenis Kelamin

Jenis kelamin dapat ditentukan berdasarkan susunan  kromosom di dalam sel tubuh. Manusia (baik lakilaki maupun perempuan), memiliki 46 kromosom atau 23 pasang komosom yang terdiri dari 22 pasang autosom dan sepasang gonosom.

Kariotipe susunan kromosom pada manusia adalah sebagai berikut.

Wanita memiliki kariotipe 44A +  atau 22AA + XX. JIka mengalami meiosis akan menghasilkan sel telur dengan kariotipe 22A + X

Pria memiliki kariotipe 44A + XY atau 22AA + XY. Jika mengalami meiosis akan menghasilkan dua macan sel gamet dengan kariptipe 22A + X dan 22A + Y.

Berdasarkan kariotipe tersebut, dapat disimpulkan bahwa jenis kelamin anak ditentukan oleh sel sperma. Hal ini disebabkan sel telur akan memberikan jenis kromosom kelamin yang sama, baik pada anak laki-laki maupun pada anak perempuan.

Sedangkan sel sperma akan memberikan kromosom A pada anak perempuan dan kromosom Y pada anak laki-laki.


5. Penentuan Golongan Darah

Golongan darah ditentukan oleh alel yang berada pada lokus tunggal, yaitu lokus imunoglobin (I). Gen tersebut memiliki tiga alel berbeda, IA, IB, dan IO.

Alel IA dan IB bersifat kodominan, sehingga kombinasi keduanya akan menghasilkan golongan darah AB.

Sementara itu, alel IO bersifat resesif, baik terhadap IA  maupun IB. Berikut tabel hubungan antara genotip dan fenotip golongan darah manusia.


Bila seorang laki laki bergolongan darah A kawin dengan perempuan bergolongan darah A maka kemungkinan anak anaknya bergolongan darah A damn O


Kelainan Sifat Manusia Yang Diturunkan

Selain mewariskan karakter dan bentuk tubuh, gen yang diturunkan dari orangtua kepada anaknya juga dapat menimbulkan cacat atau penyakit menurun.

Ciri utama dari cacat atau penyakit menurun adalah tidak menular atau bahkan tidak dapat disembuhkan.

Meskipun demikian, cacat atau penyakit menurun tersebut dapat dicegah dengan cara menghindari pernikahan dengan orang yang memiliki hubungan kerabat dekat atau keluarga dekat.

Berikut ini adalah beberapa kelainan sifat manusia yang diturunkan kepada keturunannya.

1. Albino
Istilah albino berasal dari bahasa Latin, albus, yang artinya putih. Albino merupakan kelainan yang disebabkan tidak adanya zat warna (pigmen) yang disebut zat melanin. Penderita albinoa tidak dapat membentuk melamin di kuklit, rambut, dan mata.
Gen albino dikendalikan oleh gen resesif a dan gen A yang menentukan sifat kulit normal. Dengan demikian, orang yang menderita kelainan ini memiliki genotip homozigot resesif (aa), orang yang memiliki kulit normal memiliki genotip homozigot dominan (AA), sedangkan yang menjadi carrier atau pembawa memiliki genotip heterozigot (Aa).

Seorang anak albino dapat lahir dari :

pasangan suami istri normal yang kedua geterozigot (pembawa karir albino);
pasangan suami istri yang salah satunya albino dan yang lainnya normal heterozigot; dan
pasangan suami istri albino

Contoh 1 :
Seorang laki-laki normal heterozigot menikah dengan seorang wanita normal heterozigot pula. Adakah keturunannya yang menderita albino?




2. Buta Warna 

Penyakit buta warna adalah cacat menurun yang menyebabkan seseorang tidak dapat membedakan warna tertentu oleh orang dengan mata normal.  Buta warna dibedakan menjadi dua, yaitu buta warna parsial dan buta warna total.

Penyakit buta warna parsial tidak dapat membedakan warna tertentu, misalnya warna merah dan hijau. Sedangkan buta warna total tidak dapat membedakan sama sekali semua jenis warna, sehingga tampak hitam dan putih saja.

Buta warna disebabkan oleh gen resesif c (dari kata colour blind) yang menempel atau terpaut pada kromosom .

Seorang perempuan akan menderita buta warna jika kedua kromosom X mengandung gen buta warna (XcXc).

Akan tetapi jika hanya salah satu kromosom X yang mengandung gen buta warna (XcX), maka perempuan tersebut akan menjadi pembawa (carrier) gen buta warna tanpa menjadi penderita.

Pada laki-laki jika kromosom X mengandung gen buta warna maka akan langsung menderita buta warna (XcY).

Susunan genotip orang normal dan buta warna dapat dituliskan sebagai berikut.

XCY = laki-laki normal

XcY = laki-laki buta warna

XCXC = wanita normal

XCXc = wanita normal pembawa sifat buta warna (carrier)

XcXc = wanita buta warna

Perkawinan wanita carrier dengan lelaki normal dapat menyebabkan lahirnya seorang anak yang buta warna. Anak manakah itu? Perhatikanlah diagram persilangan berikut.

3. Hemofilia

Hemofilia adalah kelainan  dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

Saat penderita hemofilia mengalami luka disertai pecahnya pembuluh darah, maka darah akan terus mengalir keluar dan sukar membeku, sehingga penderita dapat mengalami kekurangan darah dan dapat menyebabkan kematian.

Susunan genotif  orang normal dan penderita hemofilia adalah sebagai berikut ;

XHX= wanita normal

XhX=wanita hemofilia letal (menyebabkan kematian sebelum lahir)

XHX= wanita normal pembawa sifat hemofilia (carrier)

XHY = pria normal

XhY = pria hemofilia

Contoh  perkawinan antara seorang ibu normal heterozigot dan suami normal akan menghasilkan keturunan seperti pada bagan dibawah


4. Kanker

Setiap sel akan mengalami pembelahan. Pembelahan secara normal merupakan suatu proses yang disusun dan dilakukan secara hati-hati serta dikontrol oleh berbagai gen.
 
Kanker sebenarnya merupakan perkembangan dari sel tumor, yaitu sel yang terus membelah diluar kendali.

Pembelahan diluar kendali ini terjadi akibat adanya mutasi atau kerusakan pada gen pengontrol pembelahan sel.

Mutasi ini dapat disebabkan oleh sinar X, sinar UV, sinar gamma, zat kimia berbahaya, atau akibat infeksi virus.

Sebenarnya, mutasi yang terjadi pada satu gen saja sebenarnya tidak cukup untuk menghasilkan sel tumor.

Hal ini disebabkan tubuh memiliki mekanisme perbaikan gen yang rusak. Akan tetapi, sejalan dengan bertambahnya waktu, jika semakin banyak mutasi yang terjadi, maka mutasi tersebut akan terakumulasi menjadi banyak dan menyebabkan gen pengontrol pembelahan rusak akibatnya sel-sel membelah tanpa henti.

Jika sel tumor ini tidak segera diatasi maka sel-sel tumor dapat terus berkembang dan mampu untuk menyebar ke seluruh tubuh membentuk berbagai jenis kanker, misalnya kanker kulit, kanker rahim, kanker payudara, dan kanker prostat.

5. Gangguan Mental 
Beberapa gejala gangguan mental dapat diwariskan dari orangtua kepada anak-anaknya. Gangguan mental yang dapat diturunkan, antara lain debil, imbisil, dan idiot.
 
Ciri-ciri gangguan mental adalah adanya gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen. Sifat menurun ini dikendalikan oleh gen resesif yang tidak terpaut kelamin, sehingga dapat terjadi pada pria maupun wanita.

Kemungkinan susunan genotip pada orang normal dan penderita gangguan mental dapat dituliskan sebagai berikut.

AA = orang normal

Aa = orang normal pembawa sifat gangguan mental (carrier)

aa = orang dengan gangguan mental


276 komentar:

  1. Rifky
    Kelas 9a
    Apa yang di maksud dengan Albino?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      Izin menjawab
      Istilah albino berasal dari bahasa Latin, albus, yang artinya putih. Albino merupakan kelainan yang disebabkan tidak adanya zat warna (pigmen) yang disebut zat melanin.

      Hapus
    2. Nama:Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab:Albino merupakan kelainan yang disebabkan tidak adanya zat warna (pigmen) yang disebut zat melanin.

      Hapus
    3. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, . Albino merupakan kelainan yang disebabkan tidak adanya zat warna (pigmen) yang disebut zat melanin.

      Hapus
    4. Nama: Juwintan Nurul Ilmi
      Kelas: 9C
      Izin menjawab..
      Albino merupakan kelainan yang disebabkan tidak adanya zat warna (pigmen) yang disebut zat melanin. Penderita albinoa tidak dapat membentuk melamin di kuklit, rambut, dan mata.
      Gen albino dikendalikan oleh gen resesif a dan gen A yang menentukan sifat kulit normal. Dengan demikian, orang yang menderita kelainan ini memiliki genotip homozigot resesif (aa), orang yang memiliki kulit normal memiliki genotip homozigot dominan (AA), sedangkan yang menjadi carrier atau pembawa memiliki genotip heterozigot (Aa).

      Hapus
    5. Nama : elia
      Kelas :9 E
      Jawaban
      -
      Albino merupakan kelainan yang disebabkan tidak adanya zat warna (pigmen) yang disebut zat melanin

      Hapus
    6. Nama:Naufalia putri
      Kelas:9B
      Izin menjawab : albino merupakan kelainan yg di sebabkan tidak adanya zat warna (pigmen) yg disebut zat melanin

      Hapus
    7. Nama :Ririn Sapitri
      Kelas : 9D
      Izin menjawab Albino merupakan kelainan yang disebabkan tidak adanya zat warna (pigmen) yang disebut zat melanin

      Hapus
  2. Albino adalah kelainan dari beberapa hewan yg berbeda jenis

    BalasHapus
  3. Nama:Katia
    Kelas :9E
    Asalamualaikum, izin bertanya, jelaskan apa yang dimaksud dengan Hemofilia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      Izin menjawab
      Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

      Hapus
    2. Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

      Hapus
    3. Nama:Sabrina Aliya P
      Kelas:9E
      Izin menjawab
      Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang

      Hapus
    4. Nama: Juwintan Nurul Ilmi
      Kelas: 9C
      Izin menjawab..
      Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang

      Hapus
    5. Nama :elia
      Kelas:9e
      Ijin menjawab

      -Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

      Hapus
    6. Nama: Raysa fadya aulia
      Kelas: 9D
      Izin menjawab
      Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

      Hapus
  4. Nama:Sabrina Aliya P
    Kelas:9E
    Izin bertanya
    Apa yang dimaksud dengan Hemofilia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

      Hapus
    2. Nama :elia
      Kelas:9e
      Ijin menjawab
      -Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

      Hapus
    3. Nama:Rivan Difadana
      Kelas:9D

      Hemofilia itu adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

      Hapus
  5. Nama:Ramdhan Maulana
    Kelas:9B
    Hemofilia adalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

      Hapus
    2. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

      Hapus
    3. Nama : Ririn Sapitri
      Kelas : 9D
      Izin menjawab Hemofilia merupakan kelainan dengan ciri darah penderita sulit menggumpal ketika terjadi luka pada bagian tubuh tertentu, yang di sebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

      Hapus
  6. Nama Pillar air Langga
    Kelas 9A

    Mengapa bentuk rambut setiap orang berbeda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena bentuk rambut dipengaruhi oleh gen.

      Hapus
    2. Nama: Juwintan Nurul Ilmi
      Kelas: 9C
      Izin menjawab..
      Karena rambut dipengaruhi oleh gen. Terdapat dua macam gen yang mengendalikan rambut, yaitu gen C (dominan) untuk rambut keriting dan gen s (resesif) untuk rambut lurus.

      Hapus
    3. Nama:Rizka Paramita
      Kelas:9B
      Izin menjawab karena bentuk rambut dipengaruhi oleh gen.terdapat dua macam gen yang mengendalikan rambut,yaitu gen c (dominan) untuk rambut keriting dan gen s (resesif) untuk rambut lurus

      Hapus
    4. Nama :elia
      Kelas 9e

      -Karena rambut dipengaruhi oleh gen. Terdapat dua macam gen yang mengendalikan rambut, yaitu gen C (dominan) untuk rambut keriting dan gen s (resesif) untuk rambut lurus.

      Hapus
  7. Sebelumnya izin memperkenalkan diri nama saya aprila tri mauli dari kelas 9A
    Izin bertanya Apa yang menyebabkan manusia buta warna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buta warna disebabkan oleh gen resesif c (dari kata colour blind) yang menempel atau terpaut pada kromosom .

      Hapus
    2. Penyebab Buta Warna
      Pada seseorang yang menderita buta warna, sel pigmen tersebut mengalami kerusakan atau tidak berfungsi, sehingga mata tidak dapat mendeteksi warna-warna tertentu atau bahkan seluruh warna. Kerusakan sel tersebut terjadi karena adanya kelainan gen yang diturunkan dari orang tua ke anak.

      Hapus
    3. Nama : elia
      Kelas :9e

      Buta warna disebabkan oleh gen resesif c (dari kata colour blind) yang menempel atau terpaut pada kromosom .

      Hapus
    4. Nama:Naufalia putri
      Kelas:9B

      Buta warna disebabkan oleh gen resesif c (dari kata coulour blind) yg menempel atau terpaut pada kromosom

      Hapus
  8. Nama:Faisal Map'ul Ahyar
    Kelas:9A
    Ingin bertanya apakah kekerasan pada anak akan menyebabkan gangguan mental?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek kekerasan pada anak juga dapat memengaruhi struktur dan perkembangan otak, hingga terjadi penurunan fungsi otak di bagian tertentu. Hal tersebut berpotensi menimbulkan efek jangka panjang, mulai dari penurunan prestasi akademik, hingga gangguan kesehatan mental pada saat dewasa.

      Hapus
    2. Nama:Clararita Reanisa
      Kelas:9C
      Izin menjawab, Efek kekerasan pada anak juga dapat memengaruhi struktur dan perkembangan otak, hingga terjadi penurunan fungsi otak di bagian tertentu. Hal tersebut berpotensi menimbulkan efek jangka panjang, mulai dari penurunan prestasi, hingga gangguan kesehatan mental.

      Hapus
    3. Nama :elia
      Kelas :9e

      Efek kekerasan pada anak juga dapat memengaruhi struktur dan perkembangan otak, hingga terjadi penurunan fungsi otak di bagian tertentu. Hal tersebut berpotensi menimbulkan efek jangka panjang, mulai dari penurunan prestasi akademik, hingga gangguan kesehatan mental pada saat dewasa

      Hapus
  9. Nama:Evita Agustri
    Kelas:9A
    Izin bertanya apa yg dimaksud gangguan debil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Raymond jeremia tamba
      Kelas:9E
      Izin menjawab Anak tunagrahita mampu didik (debil) adalah anak tunagrahita yang tidak mampu mengikuti pada program sekolah biasa, tetapi ia masih memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan pada anak tunagrahita mampu didik antara lain: 1) Membaca, menulis, mengeja, dan berhitung, kepentingan kerja dikemudian hari.

      Hapus
    2. Nama :elia
      Kelas:9e

      (debil) adalah anak tunagrahita yang tidak mampu mengikuti pada program sekolah biasa, tetapi ia masih memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan pada anak tunagrahita mampu didik antara lain: 1) Membaca, menulis, mengeja, dan berhitung, kepentingan kerja dikemudian hari.

      Hapus
  10. Nama:Sabrina Aliya P
    Kelas:9E
    Izin bertanya
    Sebutkan contoh bentuk pewarisan sifat pada manusia yang dapat diamati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      Izin menjawab
      Warna kulit
      Bentuk rambut
      Tipe perlekatan cuping telinga
      Penentuan jenis kelamin
      Penentuan golongan darah

      Hapus
    2. Nama:Rizka Paramita
      Kelas:9B
      Izin menjawab:warna kulit,bentuk rambut,tipe perlekatan cuping telinga ,penentuan jenis kelamin,penentuan golongan darah

      Hapus
    3. Nama:Amelia Jasmine chaerunisa
      Kelas:9A
      Izin menjawab:Warna kulit
      Bentuk rambut Tipe perlekatan cuping telinga
      Penentuan jenis kelamin
      Penentuan golongan darah

      Hapus
    4. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, -Warna kulit
      -Bentuk rambut
      -Tipe perlekatan cuping telinga
      -Penentuan jenis kelamin
      -Penentuan golongan darah

      Hapus
    5. Nama:Naufalia putri
      Kelas:9B
      IzinMenjawab:
      -warna rambut
      -bentuk rambut
      -Tipe perlekatan cuping telinga
      -Penentuan jenis kelamin
      -Penentuan golongan darah

      Hapus
  11. Assalamualaikum sayah M.Sheva Nico Pratama dari kls 9D...sayah mau bertanya apa yang di maksud dengan hemofilia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab:Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang

      Hapus
    2. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Waalaikumsalam, izin menjawab, Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

      Hapus
    3. Nama:Intan trisya amanda
      Kls:9d
      Izin menjawab,Hemofilia adalah kelainan dimana darah sulit untuk menggumpal saat terjadi luka pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan tidak dihasilkannya faktor penggumpalan darah dalam tubuh seseorang.

      Hapus
  12. Nama: Fitria Srirahayu
    Kelas:9E
    Ijin bertanya sebutkan ciri ciri gangguan mental

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab:gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen. Sifat menurun ini dikendalikan oleh gen resesif yang tidak terpaut kelamin, sehingga dapat terjadi pada pria maupun wanita.

      Hapus
    2. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Ciri-ciri gangguan mental adalah adanya gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen.

      Hapus
    3. Nama: Juwintan Nurul Ilmi
      Kelas: 9C
      Izin menjawab...
      Ciri-ciri gangguan mental adalah adanya gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen.

      Hapus
    4. Nama:Naufalia putri al misky
      Kelas:9B
      Izin menjawab:
      Ciri-Ciri gangguan mental adalah, adanya gelaja kebodohan,refleks,lambat,dan kekurangan pigmen

      Hapus
  13. Nama: Juwintan Nurul Ilmi
    Kelas: 9C
    Izin bertanya..
    Apa penyebab buta warna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Buta warna disebabkan oleh gen resesif c (dari kata colour blind) yang menempel atau terpaut pada kromosom .

      Hapus
    2. Nama:Sabrina Aliya P
      Kelas9E
      Izin menjawab
      Penyebab buta warna adalah cacat menurun yang menyebabkan seseorang tidak dapat membedakan warna tertentu oleh orang dengan mata normal.

      Hapus
    3. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      Izin menjawab
      Buta warna disebabkan oleh gen resesif c (dari kata colour blind) yang menempel atau terpaut pada kromosom .

      Hapus
    4. Nama: Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Buta warna disebabkan oleh gen resesif c (dari kata colour blind) yang menempel atau terpaut pada kromosom .

      Hapus
    5. Nama:Intan trisya amanda
      Kls:9d
      Izin menjawab, Buta warna disenyebabkan adanya kelainan atau kerusakan pada sel kerucut di dalam retina, sehingga tidak mampu menangkap spektrum warna tertentu.

      Hapus
    6. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Buta warna disebabkan oleh gen resesif c (dari kata colour blind) yang menempel atau terpaut pada kromosom .

      Hapus
  14. Nama:Katia
    Kelas:9E
    Izin bertanya, Sebutkan ciri ciri orang yang mengalami gangguan mental!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab:gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen. Sifat menurun ini dikendalikan oleh gen resesif yang tidak terpaut kelamin, sehingga dapat terjadi pada pria maupun wanita

      Hapus
    2. Nama:siti yuli sahrina
      Kelas: 9A
      Izin menjawab,ciri-ciri orang yg mengalami gangguan mental adalah adanya gejala kebodohan,refleks lambat dan kekurangan pigmen

      Hapus
    3. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      Izin menjawab
      Ciri-ciri gangguan mental adalah adanya gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen. Sifat menurun ini dikendalikan oleh gen resesif yang tidak terpaut kelamin, sehingga dapat terjadi pada pria maupun wanita.

      Hapus
    4. Nama:Ririn Riyanti
      Kelas:9E


      Izin menjawab

      Ciri ciri gangguan mental adalah adanya gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen.

      Hapus
    5. Nama:elia
      Kelas:9e
      Ciri ciri gangguan mental adalah adanya gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen.

      Hapus
  15. Nama: siti yuli sahrina
    Kelas: 9A
    Izin bertanya, apa yang dimaksud dengan buta warna parsial dan buta warna total!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Juwintan Nurul Ilmi
      Kelas: 9C
      Izin menjawab..
      Penyakit buta warna parsial tidak dapat membedakan warna tertentu, misalnya warna merah dan hijau. Sedangkan buta warna total tidak dapat membedakan sama sekali semua jenis warna, sehingga tampak hitam dan putih saja.

      Hapus
    2. Nama:Telita Wati
      Kelas:9A
      Izin menjawab,Penyakit buta warna parsial tidak dapat membedakan warna tertentu,sedangkan buta warna total tidak dapat membedakan sama sekali semua jenis warna, sehingga tampak hitam dan putih saja.

      Hapus
    3. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Penyakit buta warna parsial tidak dapat membedakan warna tertentu, misalnya warna merah dan hijau. Sedangkan buta warna total tidak dapat membedakan sama sekali semua jenis warna, sehingga tampak hitam dan putih saja.

      Hapus
    4. Nama:elia
      Kelas:9e

      Penyakit buta warna parsial tidak dapat membedakan warna tertentu, misalnya warna merah dan hijau. Sedangkan buta warna total tidak dapat membedakan sama sekali semua jenis warna, sehingga tampak hitam dan putih saja.

      Hapus
  16. Nama: Nurul Aulia
    Kelas:9A
    Izin bertanya:sebutkan Susunan genotip orang normal dan buta!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      XCY = laki-laki normal

      XcY = laki-laki buta warna

      XCXC = wanita normal

      XCXc = wanita normal pembawa sifat buta warna (carrier)

      XcXc = wanita buta warna

      Hapus
    2. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      XCY = laki-laki normal

      XcY = laki-laki buta warna

      XCXC = wanita normal

      XCXc = wanita normal pembawa sifat buta warna (carrier)

      XcXc = wanita buta warna

      Hapus
    3. Nama:Katia
      Kelas:9E
      Izin menjawab, Susunan genotip orang normal dan buta warna dapat dituliskan sebagai berikut.

      XCY = laki-laki normal

      XcY = laki-laki buta warna

      XCXC = wanita normal

      XCXc = wanita normal pembawa sifat buta warna (carrier)

      XcXc = wanita buta warna

      Hapus
    4. Nama:elia
      Kelas:9e
      XCY = laki-laki normal

      XcY = laki-laki buta warna

      XCXC = wanita normal

      XCXc = wanita normal pembawa sifat buta warna (carrier)

      XcXc = wanita buta warna

      Hapus
  17. Nama: Muhammad Rival Saputra
    Kls:9C
    Izin bertanya:apa yang di sebut dengan kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annisa Syahrun Najjah
      9D

      Kulit adalah lapisan luar yang menutupi tubuh sebuah vertebrata.

      Hapus
    2. Izin memperkenalkan diri nama saya aprila tri mauli dari kelas 9A
      Izin menjawab Kulit adalah lapisan luar yang menutupi tubuh sebuah vertebrata.

      Hapus
    3. Nama:Clararita Reanisa
      Kelas:9C
      Izin menjawab, Kulit adalah lapisan luar yang menutupi vertebrata. Kulit terdiri atas epidermis, dermis, dan hipodermis.

      Hapus
    4. Nama:elia
      Kelas:9e
      Kulit adalah lapisan luar yang menutupi tubuh sebuah vertebrata.

      Hapus
  18. Nama:Katia
    Kelas:9E
    Izin bertanya, Sebutkan
    Susunan genotif orang normal dan penderita hemofilia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      Izin menjawab
      XHXH = wanita normal

      XhXh =wanita hemofilia letal (menyebabkan kematian sebelum lahir)

      XHXh = wanita normal pembawa sifat hemofilia (carrier)

      XHY = pria normal

      XhY = pria hemofilia

      Hapus
    2. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      XHXH = wanita normal

      XhXh =wanita hemofilia letal (menyebabkan kematian sebelum lahir)

      XHXh = wanita normal pembawa sifat hemofilia (carrier)

      XHY = pria normal

      XhY = pria hemofilia

      Hapus
    3. Nama: elia
      Kelas:9e

      XHXH = wanita normal

      XhXh =wanita hemofilia letal (menyebabkan kematian sebelum lahir)

      XHXh = wanita normal pembawa sifat hemofilia (carrier)

      XHY = pria normal

      XhY = pria hemofilia

      Hapus
  19. Nama: Fitria Srirahayu
    Kelas:9E
    Ijin bertanya
    Bagaimana cara mencegah cacat atau penyakit menurun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab:Cacat atau penyakit menurun tersebut dapat dicegah dengan cara menghindari pernikahan dengan orang yang memiliki hubungan kerabat dekat atau keluarga dekat.

      Hapus
    2. Nama:kayla namira
      Kelas:9c
      Izin menjawab:menjawab:Cacat atau penyakit menurun tersebut dapat dicegah dengan cara menghindari pernikahan dengan orang yang memiliki hubungan kerabat dekat atau keluarga dekat.

      Hapus
  20. Nama:fini aura lestari
    Kls: 9A
    Izin bertanya
    Apa yang dimaksud melanin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annisa Syahrun Najjah
      9D

      Melanin adalah pigmen yang secara alami memberi warna pada bola mata, rambut, dan kulit manusia.

      Hapus
    2. Nama:Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab:Melanin adalah pigmen pemberi warna pada kulit, rambut, dan mata.

      Hapus
    3. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Melanin adalah pigmen pemberi warna pada kulit,rambut dan mata

      Hapus
    4. Izin menjawab
      Nama: vita FATIMAH
      Kelas :9C
      Melanin adalah pigmen pemberi warna pada kulit, rambut, dan mata.

      Hapus
    5. Nama:Rysta Amelia
      Kelas:9B
      Izin menjawab
      Melanin adalah pigmen pemberi warna pada kulit, rambut, dan mata.

      Hapus
  21. Sebutkan susunan Kariotipe kromosom pada manusia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Wanita memiliki kariotipe 44A + atau 22AA + XX. JIka mengalami meiosis akan menghasilkan sel telur dengan kariotipe 22A + X

      Pria memiliki kariotipe 44A + XY atau 22AA + XY. Jika mengalami meiosis akan menghasilkan dua macan sel gamet dengan kariptipe 22A + X dan 22A + Y.

      Hapus
    2. Nama: Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab:Wanita memiliki kariotipe 44A + atau 22AA + XX. JIka mengalami meiosis akan menghasilkan sel telur dengan kariotipe 22A + X

      Pria memiliki kariotipe 44A + XY atau 22AA + XY. Jika mengalami meiosis akan menghasilkan dua macan sel gamet dengan kariptipe 22A + X dan 22A + Y.

      Hapus
    3. Izin memperkenalkan diri nama saya aprila tri mauli dri kelas 9A izin menjawab

      Kariotipe susunan kromosom pada manusia adalah sebagai berikut.

      Wanita memiliki kariotipe 44A + atau 22AA + XX. JIka mengalami meiosis akan menghasilkan sel telur dengan kariotipe 22A + X

      Pria memiliki kariotipe 44A + XY atau 22AA + XY. Jika mengalami meiosis akan menghasilkan dua macan sel gamet dengan kariptipe 22A + X dan 22A + Y.

      Hapus
  22. Izin memperkenalkan diri nama saya aprila tri mauli dari kelas 9A izin menjawab Melanin adalah pigmen pemberi warna pada kulit, rambut, dan mata.

    BalasHapus
  23. Nama:Katia
    Kelas:9E
    Izin bertanya, Sebutkan
    Susunan genotif orang normal dan penderita hemofilia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      XHXH = wanita normal

      XhXh =wanita hemofilia letal (menyebabkan kematian sebelum lahir)

      XHXh = wanita normal pembawa sifat hemofilia (carrier)

      XHY = pria normal

      XhY = pria hemofilia

      Hapus
    2. Nama: Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab:
      XHXH = wanita normal

      XhXh =wanita hemofilia letal (menyebabkan kematian sebelum lahir)

      XHXh = wanita normal pembawa sifat hemofilia (carrier)

      XHY = pria normal

      XhY = pria hemofilia

      Hapus
  24. Nama Vita Fatimah
    Kls 9c
    Apa yang dimaksud kromosom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      Izin menjawab

      Kromosom adalah struktur seperti pita pada DNA dan protein histon di dalam inti sel eukariotik yang membawa gen dan mentransfer informasi genetik.

      Hapus
    2. Nama:Rendi muplihudin
      Kelas:9b
      Ijin menjawab
      Kromosom merupakan pembawa sifat keturunan. Adapun gen adalah penentu sifat individu. Jadi kromosom bisa diartikan pembawa gen.

      Hapus
  25. Nama: dewi anbini
    Kelas: 9E
    Pertanyaannya
    Apa yang memnyebabkan buta warna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Buta warna disebabkan oleh gen resesif c (dari kata colour blind) yang menempel atau terpaut pada kromosom .

      Hapus
    2. Nama:Ririn Riyanti
      Kelas:9E

      Izin menjawab

      Buta warna disebabkan oleh gen resesif c (dari kata colour blind) yang menempel atau terpaut pada kromosom.

      Hapus
  26. Nama:Muhammad Syehan Ramdhani
    Kelas:9D
    Izin bertanya:apa yang disebut Pembelahan secara normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Pembelahan secara normal merupakan suatu proses yang disusun dan dilakukan secara hati-hati serta dikontrol oleh berbagai gen.

      Hapus
  27. Nama:Andika Melandri
    Kls :9C
    Izin bertanya:Apa yang di maksud bentuk rambut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Bentuk rambut merupakan kasus menarik, yang dinenal dengan dominansi tidak sempurna. Artinya jika kita memiliki salah satu dari kedua gen tersebut (gen C dan gen s), akan mendapatkan campuran dari keduanya, yaitu rambut akan menjadi berombak (Cs).

      Hapus
  28. Nama: NABILAH FEBRIYARTI RAHMA
    Kls:9B
    Izin bertanya:Apa yang disebut pembelahan secara normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      Izin menjawab
      Pembelahan secara normal merupakan suatu proses yang disusun dan dilakukan secara hati-hati serta dikontrol oleh berbagai gen.

      Hapus
    2. Nama vita Fatimah
      Kelas 9c
      Izin menjawab
      Pembelahan secara normal merupakan suatu proses yang disusun dan dilakukan secara hati-hati serta dikontrol oleh berbagai gen.

      Hapus
  29. Mama:alberto
    Kelas:8b
    Izin bertanya:
    Apa yang di maksud dengan kanker?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      Izin menjawab
      Kanker merupakan perkembangan dari sel tumor, yaitu sel yang terus membelah diluar kendali.

      Hapus
    2. Nama Vita Fatimah
      Kls 9C
      Izin menjawab
      Kanker adalah istilah yang digunakan untuk penyakit di mana sel-sel abnormal membelah tanpa kontrol dan mampu menyerang jaringan lain.

      Hapus
    3. Annisa Syahrun Najjah
      9D
      Izin menjawab
      Kanker merupakan perkembangan dari sel tumor, yaitu sel yang terus membelah diluar kendali.

      Hapus
  30. NAMA:'IHKSAN SOPIAN'
    KLS :9A'
    IZIN BER5ANYA :"Kanker sebenarnya merupakan perkembangan dari?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab: Perkembangan dari Sel tumor, yaitu sel yang terus membelah diluar kendali.

      Hapus
    2. Nama:Fitria
      Kelas:9e
      Ijin menjawab
      perkembangan dari sel tumor, yaitu sel yang terus membelah diluar kendali

      Hapus
    3. Nama Vita Fatimah
      Kelas 9c
      Izin menjawan
      dari sel tumor, yaitu sel yang terus membelah diluar kendali

      Hapus
  31. Nama:Lulu nur zahra
    Kelas:9e
    Izin menjawab:Kromosom adalah struktur seperti pita pada DNA dan protein histon di dalam inti sel eukariotik yang membawa gen dan mentransfer informasi genetik. Struktur ini terbentuk dari benang-benang kromatin yang memadat dan memendek di inti sel.

    BalasHapus
  32. Nama: RENDI MUPLIHUDIN
    KELAS 9B
    IJIN BERTANYA
    Ciri ciri gangguan mantal adalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Vita Fatimah
      Kelas 9C
      Izin menjawab
      Ciri-ciri gangguan mental adalah adanya gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen. Sifat menurun ini dikendalikan oleh gen resesif yang tidak terpaut kelamin, sehingga dapat terjadi pada pria maupun wanita.

      Hapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Nama Vita Fatimah
    Kelas 9C
    Ada berapa kelainan yang diturunkan? &sebutkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Ririn Riyanti
      Kelas:9E

      Izin menjawab

      Ada 5

      1.Albino
      2.Buta warna
      3.Hemofilia
      4.Kanker
      5 Gangguan mental

      Hapus
    2. Nama: Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Ada 5 yaitu:
      1.Albino
      2.buta warna
      3.hemofolia
      4.kanker
      5.gangguan mental

      Hapus
  35. Nama:Rendi muplihudin
    Kelas:9b
    Ijin bertanya
    Tipe perlekatan cuping telinga ini juga dikontrol oleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Fitria Srirahayu
      Kelas:9e
      Ijin menjawab
      dikontrol oleh gen, yaitu gen G untuk cuping telinga terpisah atau terlepas dan gen g untuk cuping telinga melekat.

      Hapus
    2. Nama Vita Fatimah
      Kls 9c
      Izin menjawab
      gen, yaitu gen G untuk cuping telinga terpisah atau terlepas dan gen g untuk cuping telinga melekat

      Hapus
  36. Nama : elia
    Kelas:9e


    Sebutkan beberapa contoh bentuk pewarisan sifat pada manusia ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Vita Fatimah
      Kls 9c
      Izin menjawab
      1.Warna kulit
      2.Bentuk rambut
      3.Tipe pelekatan cuping telinga
      4.Penentuan jenis kelamin
      5.Penentuan golongan darah


      Hapus
    2. Nama:Ririn Riyanti
      Kelas:9E

      Izin menjawab

      1.Warna kulit
      2.Bentuk rambut
      3.Tipe perletakan cuping telinga
      4.Penentuan jenis kelamin
      5.Penentuan golongan darah

      Hapus
    3. Nama:Rendi muplihudin
      Kelas 9b
      Ijin menjawab
      1.warna kulit
      2.bentuk rambut
      3.tipe perlekatan cuping telinga
      4.penentuan jenis kelamin
      5.penentuan golongan darah.

      Hapus
  37. Nama :elia
    Kelas:9e

    Sebutkan penyebab mutasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama :elia
      Kelas:9e

      Sebutkan beberapa kelainan sifat manusia yang di turunkan kepada keturunanya beserta contohnya?

      Hapus
    2. Nama : Askia Amalia L.L
      Kelas : 9D
      Izin menjawab : Mutagen bahan biologi, diduga virus dan bakteri dapat menyebabkan terjadinya mutasi.

      Hapus
  38. Nama:Ica ayudia meilani
    Kls:9B
    Izin bertanya
    Apa itu gangguan mental?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Vita Fatimah
      Kls 9C
      Izin menjawan
      penyakit yang memengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku penderitanya

      Hapus
    2. Nama : Askia Amalia L.L
      Kelas : 9D
      Izin menjawab : Gangguan mental
      Juga disebut Penyakit kejiwaan
      Berbagai kondisi yang mempengaruhi suasana hati, berpikir, dan perilaku.

      Hapus
  39. Nama:Rendi muplihudin
    Kelas:9b
    Ijin bertanya
    Ciri utama dari cacat atau penyakit menurun adalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Ciri utama dari cacat atau penyakit menurun adalah tidak menular atau bahkan tidak dapat disembuhkan.

      Hapus
    2. Nama:ica ayudia meilani
      Kls 9B
      Izin menjawab
      Tidak menular atau yang tidak dapat disembuhkan.

      Hapus
  40. Nama:Imas Gandasari
    Kelas:9E
    Ijin menjawab
    Ciri penyakit menurun adalah tidak dpt menular, tidak dapat disembuhkan, dapat dihindarkan, umumnya di kendalikan oleh gen resesif .
    Contoh penyakit menurun adalah :
    Hipertensi dan asma.

    BalasHapus
  41. Nama:Rendi muplihudin
    Kelas:9b
    Izin bertanya
    Pewarisan sifat pada manusia ditentukan oleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Vita Fatimah
      Kelas 9C
      Izin menjawab
      gen dan kromosom yang dimiliki oleh individu yang melakukan persilangan

      Hapus
  42. Nama:Rendi muplihudin
    Kelas:9b
    Ijin bertanya
    Apa perbedaan buta warna parsial dan buta warna total?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Vita Fatimah
      Kelas 9C
      Izin menjawab
      Penyakit buta warna parsial tidak dapat membedakan warna tertentu, misalnya warna merah dan hijau. Sedangkan buta warna total tidak dapat membedakan sama sekali semua jenis warna, sehingga tampak hitam dan putih saja.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  43. Nama:Rafi afdhal amrullah
    Kelas:9A
    Ijin bertanya:
    Apa perbedaan buta warna parsial dan buta warna total?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      Penyakit buta warna parsial tidak dapat membedakan warna tertentu, misalnya warna merah dan hijau. Sedangkan buta warna total tidak dapat membedakan sama sekali semua jenis warna, sehingga tampak hitam dan putih saja.

      Hapus
  44. Nama:Rendi muplihudin
    Kela:9b
    Ijin bertanya
    Orang yang memiliki gen AaBbCc akan memiliki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fitria Srirahayu
      Kelas 9e
      Ijin menjawab
      akan memiliki warna kulit sawo matang (tengah-tengah antara sangat gelap dan sangat cerah).

      Hapus
    2. Nama Vita Fatimah
      Kelas 9C
      Izin menjawab
      warna kulit sawo matang (tengah-tengah antara sangat gelap dan sangat cerah).

      Hapus
  45. Nama : Aulina Febriani
    Kelas : 9A
    Izin bertanya sebutkan ciri ciri gangguan mental!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:SUSILAWATI
      kelas:9E

      Izin menjawab
      ciri-ciri gangguan mental adalah adanya gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen.

      Hapus
    2. Nama: Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab: Ciri-ciri gangguan mental adalah adanya gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Nama:Annisa Rizkia
      Kelas:9A
      Izin menjawab
      ciri-ciri gangguan mental adalah adanya gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen.

      Hapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Nama : Alya Dwi Kartika
    Kelas : 9B

    Apa yang dimaksud dengan albino?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Rendi muplihudin
      Kelas:9b
      Ijin menjawab
      Albino merupakan kelainan yang disebabkan tidak adanya zat warna (pigmen) yang disebut zat melanin. Penderita albinoa tidak dapat membentuk melamin di kuklit, rambut, dan mata

      Hapus
    2. Nama:Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab:Albino merupakan kelainan yang disebabkan tidak adanya zat warna (pigmen) yang disebut zat melanin.

      Hapus
    3. Nama Annisa Rizkia
      Kelas 9A
      Izin menjawab:Albino merupakan kelainan yang disebabkan tidak adanya zat warna (pigmen) yang disebut zat melanin.

      Hapus
  48. Nama:Rendi muplihudin
    Kelas::9b
    Ijin bertanya
    Seorang perempuan akan menderita buta warna jika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Vita Fatimah
      Kelas 9C
      Izin menjawab
      kedua kromosom X mengandung gen buta warna (XcXc).

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  49. Nama:Windi Widia
    Kelas:9A
    Izin bertanya
    Apa yang di maksud buta warna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab:
      buta warna adalah cacat menurun yang menyebabkan seseorang tidak dapat membedakan warna tertentu oleh orang dengan mata normal

      Hapus
    2. Nama: Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      buta warna adalah cacat menurun yang menyebabkan seseorang tidak dapat membedakan warna tertentu oleh orang dengan mata normal

      Hapus
    3. Nama : Ririn Sapitri
      Kelas : 9D
      Izin menjawab buta warna adalah kelainan seseorang yang tidak dapat membedakan beberapa warna dengan baik .

      Hapus
  50. Nama Vita Fatimah
    Kelas 9C
    Pigmen apa yang menyebabkan kulit menjadi gelap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      gen AABBCC

      Hapus
    2. Nama: Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Ijin menjawab
      gen AABBCC

      Hapus
  51. Nama:Eka Anuri Rahmawati
    Kelas:9B
    Izin bertanya
    Buta warna di bedakan menjadi 2 yaitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      yaitu buta warna parsial dan buta warna total.

      Hapus
    2. Nama Vita Fatimah
      Kelas 9c
      Izin menjawab
      yaitu buta warna parsial dan buta warna total.

      Hapus
  52. Nama:Windi Widia
    Kelas:9A
    Izin menjawab
    Buta Warna dibedakan menjadi dua yaitu,Buta warna parsial dan buta warna total.

    BalasHapus
  53. Nama : Dimas Gustian Putra
    Kelas : 9D
    dua macam gen yang mengendalikan rambut yaitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Fitria Srirahayu
      Kelas:9E
      Ijin menjawab
      yaitu gen C (dominan) untuk rambut keriting dan gen s (resesif) untuk rambut lurus.

      Hapus
    2. Nama :Nurul latifah
      Kelas:9B
      Izin Menjawab
      Ada dua macam gen yang mengendalikan bentuk rambut, gen C. (dominan) mengkode rambut. keriting dan gen s (resesif. mengkode rambut lurus

      Hapus
    3. Nama:Salwa Khaerunisa Komarudin
      Kelas:9E
      Izin menjawab
      dua macam gen yang mengendalikan rambut yaitu, gen C (dominan) untuk rambut keriting dan gen s (resesif) untuk rambut lurus.

      Hapus
    4. Nama :Nurul latifah
      Kelas:9B
      Izin Menjawab
      Ada dua macam gen yang mengendalikan bentuk rambut, gen C. (dominan) mengkode rambut. keriting dan gen s (resesif. mengkode rambut lurus

      Hapus
  54. Nama:Windi Widia
    Kelas:9A
    Izin bertanya
    Sebutkan macam macam kelainan sifat manusia yg diturunkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Nurul Aulia
      Kelas:9A
      Izin menjawab: kelainan sifat manusia yg di turunkan yaitu ada 5macam
      1.Albino
      2.Buta warna
      3.Hemofilia
      4.Kanker
      5.Gangguan Mental

      Hapus
  55. Nama:Iis Halimahtu Sa'diah
    Kelas:9D
    Susunan genotif orang normal dan penderita hemofilia adalah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Vita Fatimah
      Kelas 9C
      Izin menjawab
      XHXH = wanita normal

      XhXh =wanita hemofilia letal (menyebabkan kematian sebelum lahir)

      XHXh = wanita normal pembawa sifat hemofilia (carrier)

      XHY = pria normal

      XhY = pria hemofilia

      Hapus
    2. Nama:Amir Ashari
      Kelas:9 E
      Izin menjawab:Diketahui:

      Laki-laki normal = XHY

      Perempuan carrier = XHXh

      Laki-laki hemofilia = XhY

      Jadi, gamet (n) = XH, Xh, Y

      Genotipe keturunan (2n) =

      XHXh = perempuan carrier
      XHXh = perempuan carrier
      XHY = laki-laki normal
      XHY = laki-laki normal

      Hapus
  56. Nama : Ririn Sapitri
    Kelas : 9D
    Izin bertanya apa saja Ciri-Ciri gangguan mental ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Vita Fatimah
      Kelas 9C
      Izin menjawab
      Ciri-ciri gangguan mental adalah adanya gejala kebodohan, refleks lambat, dan kekurangan pigmen.

      Hapus
  57. Nama: Raysa fadya aulia
    Kelas: 9D
    Izin bertanya seorang anak albino dapat lahir dari ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Vita Fatimah
      Kelas 9C
      Izin menjawab
      pasangan suami istri normal yang kedua geterozigot (pembawa karir albino);
      pasangan suami istri yang salah satunya albino dan yang lainnya normal heterozigot; dan
      pasangan suami istri albino

      Hapus
  58. Nama:Aldi sopaldi
    Kls:9E
    Izin bertanya apa yang di maksud dengan bentuk rambut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Vita Fatimah
      Kelas 9C
      Izin menjawab
      Rambut merupakan organ tubuh dari Manusia yang memiliki bentuk seperti helaian benang yang tumbuh di kulit dengan mengandung banyak keratin.

      Hapus